Cara Cuci Mesin Mobil yang Benar Agar Tak Rusak

Kebersihan yang harus diperhatikan pada mobil tidak hanya pada bagian eksterior ataupun interiornya saja. Mesin pada mobil juga perlu diperhatikan kebersihannya. Hal ini karena mesin adalah pusat kinerja mobil sehingga membutuhkan perhatian khusus. Mesin mobil yang kotor akan berisiko muncul karat dan pastinya membahayakan saat dikendarai. Biasanya mesin mobil yang kotor disebabkan oleh tetesan oli, panas mesin, dan lainnya. Namun saat mencuci anda harus perhatikan cara cuci mesin mobil yang benar.

Sebaiknya saat membersihkan bdimulai dari bagian mesin yang mudah lebih dulu, seperti bawah kap mobil. Semprot menggunakan air dengan semprotan bertekanan rendah. Anda bisa menggunakan sabun colek/krim untuk membersihkan bagian bawah kap mesin. Gosok dengan sikat yang agak kasar kemudian bilas dengan air bersih. Hal yang perlu diperhatikan adalah, saat mencuci jangan sampai sabun mengering sehingga meninggalkan bekas pada mesin. Keringkan menggunakan kain sehingga tidak ada air yang nantinya menetes ke mesin mobil.

Cara cuci mesin mobil yang benar dengan mencuci ruang mesin mobil. Semprot ruang mesin menggunakan air melalui selang atau botol spray. Anda bisa mulai membersihkan bagian belakang kemudian dilanjutkan hingga ke bagian depan mesin mobil. Gunakan spons atau kuas dengan pembersih untuk membersihkan bagian mesin mobil. Pada bagian radiator mesin dan AC, proses pencucian akan terasa lebih  susah. Sehingga anda dapat membuka grill depan lebih dulu namun, sistem pengikatnya rawan patah sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati.

Bila anda menggunakan engine degreaser, maka cobalah menyemprotkan pada bagian mesin yang terkena noda kemudian diamkan selama 10 menit. Setelah itu gunakan kuas untuk menyapukan ke seluruh bagian mesin mobil anda. Untuk bagian mesin yang terdapat kerak oli dan susah dihilangkan, maka anda dapat menggunakan pembersih khusus. Sedangkan untuk bagian mesin yang kecil dan rumit, sebaiknya gunakan kuas kecil sehingga bagian tersebut dapat dibersihkan dengan sempurna.
Proses pembilasan pada cara cuci mesin mobil yang benar dengan menggunakan spray atau selang air yang tidak terlalu deras sehingga air tidak menyebar ke bagian-bagian lainnya. Lap mesin mobil dengan memberikan sedikit tekanan pada bagian mesin yang terdapat noda. Dengan begitu maka noda yang membandel akan hilang. Jika anda membersihkan mesin mobil dengan cara yang benar maka akan terhindar dari terjadinya kerusakan,

SHARE

Sekuntum Mawar

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image